Tuesday, January 24, 2017

Cara Mengatasi login yang Gagal Pada Web Kesharlindung Dikmen

Postingan kali ini membahas bagaimana cara mengatasi gagal login atau kesulitan login pada web Kesharlindung Dikmen http://kesharlindungdikmen.id 
Tentu saja yang saya maksud adalah guru yang sudah melakukan pendaftaran pada web Kesharlindung Dikmen dan mengisi biodata lengkap tapi sulit untuk login.

Gambar diatas adalah tampilan form login, untuk menuju form ini anda klik tombol LOGIN pada halaman utama http://kesharlindungdikmen.id.
Lihat pada gambar, terdapat link dengan tulisan Lupa Password, walopun anda merasa tidak lupa password anda, tapi jika tidak bisa login lebih baik ikuti saja langkah ini.
Selanjutnya akan menuju tampilan seperti berikut:
pada kolom email seperti gambar diatas yang diberi tanda merah, isikan email yang anda daftarkan pada saat pengisian biodata.

saya contohkan menggunakan akun yahoo, sebenarnya yahoo atau google mail sama saja. Kemudian klik kirim.
Setelah itu cek emil anda,

judul atau subject pada email yang di kirim dari sistem Kesharlindung Dikmen adalah no-reply dan isinya sebagai berikut:

lihat pada gambar yang ditandai garis merah, username adalah NUPTK anda, dapat digunakan untuk login, email adalah email anda dapat menggantikan username untuk login, password adalah password untuk login, untuk menghindari kesalahan penulisan karakter, anda harus menggunakan copy paste, jangan ketik password, tapi di blok terlebih dahulu dan di pastekan pada kolom password.
silahkan gunakan untuk login.

Setelah login, saya sarankan anda untuk mengganti password yang lebih mudah agar mudah diingat, berikut ini cara merubah password anda. Lihat gambar:




Pada gambar diatas terdapat navigasi yang diberi tanda merah, tanda merah pertama pada Profile, navigasi Profile harus di klik agar memunculkan sub navigasi Biodata dan Akun, setelah sub navigasi muncul pilih sub navigasi Akun seperti yang terlihat pada gambar yang diberi tanda merah.
lalu akan muncul tampilan seperti berikut:




Pada kolom Password Lama, isislah dengan password yang baru saja anda terima pada email anda, kalo pada contoh ini yang masuk dalam email saya adalah K392d1j0 dan jangan tulis dengan mengetikan karakternya, tapi gunakan copy paste agar terhindar dari kesalahan karakter. Kemudian pada kolom Password Baru tulislah password yang mudah anda ingat.
kemudian klik Update Password. Selsai
Password anda sudah dirubah.
Selamat mencoba.
 




1 comment :

  1. sudah nyoba cara itu tp kok email tidak terdaftar ya,pdhl sdh memakai email yg benar

    ReplyDelete